Rabu, 15 Januari 2014

Tips Merawat Motor agar Terlihat Seperti Baru

        Belakangan ini banyak jenis motor yang beredar di pasaran Indonesia, mulai dari matik, bebek, ayam jago, touring, sport, bahkan superbike sekalipun sekarang ini banyak kita jumpai di kota-koa besar terutama Ibukota tercinta. Setiap jenis motor yang kita gunakan sebaiknya yang sesuai kebutuhan terutama harus sesuai juga dengan dana yang kita miliki. Selain harus mampu untuk membeli motor tersebut kita juga harus pandai untuk merawatnya. 
        Perawatan rutin yang harus dilakukan adalah mengganti oli secara rutin setelah menempuh 2000km atau jangka waktu 2 bulan, tergantung mana mana yang lebih dulu tercapai. Oli yang digunakan juga harus sesuai dengan karakteristik mesin. Misal Honda CBR 150R yang memiliki kompresi 11:1 tergolong padat kompresinya sebaiknya menggunakan oli mesin 10-40 agak encer sehinga mudah masuk ke celah-celah mesin dan dapat terlumasi secara maksimal. penggunaan bahan bakar pun harus sesuai kompresi 11:1 diharuskan menggunakan bahan bakar dengan oktan 95 seperti pertamax plus atau Shell V-Power. Dengan begitu kondisi mesin dijamin normal dan sehat untuk jangka waktu yang lama selama penggunaannya pun normal.
        Perawatan yang tak kalah penting adalah body motor, sebaiknya begitu sedikit kotor langsung dilap dan kalau kotor parah sebaiknya segera dicuci. Oh ya kalau motor kita terkena genagan air atau banjir sebaiknya segera dicuci juga untuk menhindari terjadinya proses karat pada bagian motor. Ada beberapa hal juga yabng perlu diperhatikan pada saat mencuci motor. Apabila mencuci di tempat steam motor semprotan air jangan terlalu keras karena dapat merusak beberapan komponen motor seperti besi pada oil cooler dan radiator. Sabun yang digunakan pun harus sesuai, gunakanlah sampo motor, jangan sabun colek apalagi sabun batangan itu sangat terlalu. setelah dicuci langsung dilap kering jgn lupa kasih wax supaya terlihat lebih kinclong.
        Dengan begitu apapun jenis motor yang kita gunakan akan terlihat keren apabila kita merawatnya dengan baik dan penuh kasih sayang. Semoga tips ini bermanfaat. Salam satu aspal..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer